Mengetahui Surat Asli atau Palsu dari Kop Surat PKN STAN

screenshot_25

Mengetahui Surat Asli atau Palsu dari Kop Surat PKN STAN

Sebagai salah satu perguruan tinggi kedinasan favorit di Indonesia, tentu banyak orang yang ingin menjadi mahasiswa PKN STAN. Tak jarang hal ini banyak dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk mendapatkan uang. Salah satunya yaitu dengan mengirimkan surat dengan kop surat PKN STAN palsu kepada para korban yang merupakan anak-anak lulusan sekolah menengah atas. Surat yang dikirim biasanya berisi tentang pemberitahuan bahwa korban telah diterima di PKN STAN. Akhirnya para korban dimintai sejumlah uang. Hal yang semacam ini sangat perlu kita waspadai. Berikut ini adalah bebrapa tips yang dapat kita lakukan untuk membedakan surat palsu dan asli.

Membedakan Kop Surat PKN STAN yang Asli dan Palsu

Surat yang asli dan palsu dapat dilihat dari beberapa hal berikut ini:

  • Kop surat. Pada bagian kop surat ada bagian-bagian tertentu yang harus tercantum. Antara lain adalah nama instansi, alamat instansi dan logo instansi. Nama dan logo instansi haruslah sama dengan tujuan kita mendaftar sebelumnya, jika kita mendaftar di PKN STAN Yogyakarta, namun kita justru mendapat surat dari PKN STAN Medan tentu ini patut dicurigai. Selain itu juga dapat dilihat dari logo instansi, seperti kita tahu bahwa logo dari PKN STAN telah berubah seiring dengan berubahnya STAN menjadi politeknik. Jadi lihat lagi logo pada kop surat tersebut.
  • Nomor surat. Setiap surat resmi, pasti memiliki nomor surat, dimana terdapat tanggal dan bulan surat dibuat. Jadi, perlu bagi kita untuk mengecek nomor lagi surat, jangan sampai kita menerima surat yang sebenarnya sudah kadaluarsa untuk kepentingan penipuan.
  • Cap surat. Pada surat resmi dari instansi selalu dibubuhi dengan cap dan tanda tangan. Lihat kembali cap surat yang tertera, apakah memang sesuai dengan institusi yang mengirim atau tidak.

Mengecek Hasil Pengumuman secara Online

Di jaman sekarang ini, jika kita mendaftar ke sebuah perguruan tinggi termasuk PKN STAN tentu saja melewati pendaftaran online sebelumnya. Dengan ini kita juga dapat melihat hasil pengumuman secara online. Sehingga jika kita mendapat surat dengan kop surat PKN STAN yang diduga palsu, kita bisa melihat pengumuman hasil ujian kita secara online untuk mengecek kebenarannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s