screenshot_3

Format Laporan PKL PKN STAN

Layaknya perguruan tinggi lain, Politeknik Keuangan Negara STAN mewajibkan mahasiswanya untuk mengikuti program PKL atau Praktek Kerja Lapangan. Sebagai universitas dengan visi dan misi yang jelas yaitu sebagai wadah pengembangan yang menghasilkan tenaga manusia ahli di bidang keuangan negara, PKN STAN tentunya ingin memakai praktek kerja lapangan sebagai salah satu sarana yang dapat membawa kematangan dalam bekerja. Laporan PKL PKN STAN dengan demikian menjadi tuntutan wajib ketika melaksanakan PKL di tempat-tempat yang telah ditentukan.

Laporan PKL PKN STAN 2016

Tiap-tiap mahasiswa PKN STAN wajib meningkatkan kualitas diri melalui pelatihan yang diselenggarakan di balai pendidikan dan latihan keuangan. PKL sifatnya sebagai praktek kerja di masyarakat merupakan persyaratan yang digunakan untuk mencapai kelulusan pada pendidikan D1 maupun D3. Dikarenakan PKL adalah syarat kelulusan mahasiswa, maka PKL sifatnya wajib dan harus dilakukan oleh segenap mahasiswa PKN STAN. PKL yang diadakan oleh PKN STAN tentunya akan diselenggarakan di balai pelatihan keuangan atau instansi keuangan milik negara dan lembaga pemerintah yang lainnya, sesuai dengan prodip yang telah diambil. Mahasiswa nantinya akan dibagi ke dalam sebuah kelompok kecil yang memiliki anggota maksimal lima orang agar dapat dengan mudah menjalani PKL di lapangan yang sudah ditentukan.

Format Laporan PKL

Penulisan laporan PKL PKN STAN tentunya tak jauh berbeda dengan yang ada pada penulisan laporan ilmiah lain di pendidikan S1. Laporan ilmiah ini nantinya harus berisi informasi lengkap dan transparan mengenai hal-hal yang telah diperoleh dan dijalani selama masa PKL di intansi keuangan negara maupun lembaga lainnya. Oleh karena itu, bagi mahasiswa PKN STAN, PKL dan laporan PKL menjadi sangatlah penting. Formatnya sebagai berikut:

  1. Judul Laporan. Judul ditulis berdasarakan prodip atau jurusan yang telah dipilih.
  2. Pendahuluan. Disini diberikan latar belakang, tujuan penulisan, ruang lingkup, metode untuk mengumpulkan data, dan sistematika penulisan.
  3. Uraian permasalahan. Mahasiswa memaparkan permasalahan yang menjadi acuan dan memberi gambaran umum lingkungan tempat PKL nya.
  4. Landasan Teori. Mengemukakan teori-teori yang dibutuhkan.
  5. Pembahasan. Menyajikan permasalahan beserta solusi yang ada.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s