Lulusan PKN Stan Jadi Apa Sih? Yuk Simak Peluangnya

By Bimbel PKN STAN | 24-09-24 |

Apakah kalian di sini memiliki keinginan dan cita-cita ingin menjadi seorang tenaga pengajar? Jika memang iya maka tepat sekali Jika kalian saat ini memilih jurusan pendidikan PKN. Kenapa bisa demikian dan apa alasannya?. Hal tersebut tentu saja berkaitan dengan jurusan PKN pada umumnya mampu meningkatkan bela bangsa dan negara. Lalu apa saja peluang kerja bagi para mahasiswa lulusan PKN?

Lulusan PKN Stan Jadi Apa Sih? Pahami Di Sini

Lulusan PKN

Apa itu Jurusan Pendidikan atau Lulusan PKN?

Seperti yang sudah di ketahui jika Jurusan PKN merupakan bidang studi yang tidak hanya mempelajari tentang pendidikan. Namun jurusan PKN juga mempelajari terkait dengan wawasan luas terkait integritas moral, bela negara, dan ideologi bangsa. Baca juga cara belajar tes PKN Stan tahun 2024 supaya lancar.

Jurusan PKN sendiri hanya belajar perihal Pancasila dan negara Indonesia secara mendalam saja. Di dalam jurusan pendidikan PKN kalian di sini juga akan di ajari terkait dengan bagaimana merencanakan serta juga melaksanakan strategi mengajar di dalam kelas. Dengan istilah lainnya, apabila jurusan Pendidikan PKN merupakan jurusan yang membekali kalian semua untuk menjadi seorang tenaga pendidik, terlebih lagi dalam hal mata pelajaran PKN.

Apa Saja yang Di pelajari Jika Memilih Jurusan PKN?

Jurusan Pendidikan PKN ini akan membuat kalian Mampu dan menguasai beberapa jenis bidang ilmu pokok. Di antaranya yaitu mulai Pendidikan kewarganegaraan, Politik, Hukum, Pendidikan, hingga dengan mempunyai wawasan yang luas pada bidang ilmu yang relevan.

Kalian mendapatkan pelajaran terkait dengan kemampuan dalam hal merencanakan, dan melaksanakan. Bahkan juga strategi, metode,pengelolaan kelas, media, dll. Sampai juga dengan langkah mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran Pendidikan kewarganegaraan dalam beberapa jenjang pendidikan. Ada berbagai macam materi dan mata kuliah yang akan kalian jumpai dalam jurusan pendidikan PKN di antaranya yaitu:

  1. Pendidikan pancasila
  2. Ilmu kependidikan
  3. Ilmu negara
  4. Ilmu hukum
  5. Ilmu politik
  6. Sosiologi
  7. Antropologi
  8. Filsafat pancasila dan perbandingan ideologi
  9. dll.

Pengetahuan & Keahlian Jika Memilih Jurusan PKN

Ada beberapa keahlian dan pengetahuan yang akan di dapatkan oleh para peserta didik jika memilih jurusan PKN. Yang mana hal tersebut tentu saja sangat penting apabila sedang mencari pekerjaan. Di antaranya yaitu sebagaimana berikut ini:

  1. Lulusan PKN di harapkan mempunyai pemahaman yang cukup mendalam terkait dengan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara serta juga mengaplikasikannya
  2. Lulusan PKN di harapkan mampu untuk memahami konstitusi serta juga sistem pemerintahan Indonesia. Sehingga dengan begitu maka bisa memberikan kontribusi positif.
  3. Lulusan PKN di harapkan mampu untuk menguasai materi Sekaligus juga metode pengajaran PPKN. Sehingga dengan begitu maka Bisa memberikan pengajaran yang efektif.
  4. Lulusan PKN di harapkan mampu untuk menguasai teknologi informasi sekaligus juga komunikasi yang bisa untuk membantu dalam proses pembelajaran.
  5. Lulusan PKN di harapkan mampu untuk mempunyai kemampuan berkomunikasi serta berinteraksi dengan masyarakat.
  6. Lulusan PKN di harapkan mampu untuk berpikir kritis sekaligus juga analitis dalam memahami dan menyelesaikan beberapa permasalahan masyarakat.

Jadi dengan begitu maka tidak akan rugi bagi kalian yang memutuskan untuk memilih jurusan PKN. Karena sejauh ini masih sedikit sekali para lulusan PKN yang menganggur alias tidak memiliki pekerjaan.  Lalu lulusan jurusan PKN bisa menjadi apa saja? Simak juga Biaya PKN Stan tahun 2024 sudah di mulai sejak dari bulan Mei.

  1. Penulis
  2. Tenaga pengajar
  3. Pengembangan media dan teknologi pembelajaran
  4. Konselor pendidikan
  5. Community Development Worker
  6. Dan lain sebagainya

Kalian mendapatkan pelajaran terkait dengan kemampuan dalam hal merencanakan, dan melaksanakan. Bahkan juga strategi, metode,pengelolaan kelas, media, dll. Jadi itu dia beberapa jenis pekerjaan yang bisa di dapatkan oleh para lulusan PKN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tentang Kami
Kebijakan Privasi