PKN Stan Kerja Apa? Jangan Salah, Yuk Simak Peluangnya

By Bimbel PKN STAN | 25-09-24 |

Bingung mau pilih jurusan nantinya? Sepertinya tidak perlu bingung lagi ya untuk saat ini. Kalian bisa langsung saja pilih jurusan PKN. Dan pilihannya jangan salah, hanya PKN stan yang bisa kalian percayai. Lalu PKN STAN kerja Apa? Baca juga syarat pkn stan yang perlu diketahui.

Lulusan PKN Stan Kerja Apa?

PKN Stan Kerja Apa

Untuk kalian perlu di ketahui jika ada beberapa hal yang bisa kalian dapatkan jika memilih jurusan PKN. Di antaranya yaitu sebagai berikut ini:

Ilmu pengetahuan terkait dengan Pancasila dan kewarganegaraan

Jurusan PKN di sini membahas beberapa aspek terkait dengan negara dan warga negara. Mulai dari sejarah, konstitusi, hukum, politik, hingga dengan hak asasi manusia atau HAM.

Dengan mempelajari hal-hal ilmu PKN, seseorang bisa lebih mudah untuk memahami hak serta kewajiban sebagai warga negara. Tidak hanya itu saja, jurusan PKN juga Mampu untuk mempelajari nilai-nilai dari Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

PKN STAN Kerja Apa? Prospek kerja yang sangat luas

Lulusan jurusan PKN mempunyai peluang kerja yang luas, baik itu dalam sektor pemerintahan, swasta, dan juga lembaga non-profit.  Tidak sedikit juga institusi yang membutuhkan tenaga ahli dalam bidang PKN. Di antaranya yaitu seperti kementerian, lembaga pendidikan, organisasi sosial, dan sebagainya.

Kemampuan analitis sekaligus kritis

Mempelajari ilmu PKN bisa membantu seseorang dalam hal mengembangkan kemampuan analisis dan kritis yang baik. Dengan begitu maka, lulusan PPKN dapat mempunyai pemahaman yang jauh lebih mendalam terkait dengan permasalahan yang ada di masyarakat dan mencari solusi yang tepat.

Berkontribusi terhadap pembangunan bangsa dan negara

PKN sendiri merupakan salah satu mata kuliah yang di berikan di sekolah-sekolah di Indonesia untuk membentuk karakter bangsa yang cinta tanah air. Jurusan PPKN sendiri bertujuan untuk membentuk tenaga pendidik yang mampu memberikan pengajaran tentang kebangsaan dan kewarganegaraan. Oleh karena itu, dengan memilih jurusan PPKN, seseorang dapat berkontribusi pada pembangunan bangsa.

Prospek Kerja Bagi Para Jurusan PKN

Tenaga Pendidik

Menjadi guru PKN merupakan satu dari sekian banyak profesi yang bisa kamu pilih ketika lulus dari jurusan pendidikan PKN nanti. Kamu bisa di tempatkan di jenjang atau tingkatan manapun, mulai dari SD, SMP, hingga SMA. Bahkan kamu bisa memilih untuk menjadi Dosen PKN ketika kamu menyelesaikan studi S2.

Community Development Worker

Untuk kamu lulusan jurusan pendidikan PKN yang senang dengan pekerjaan yang berhubungan dengan masyarakat luas, kamu bisa memilih berprofesi sebagai community development. Pekerjaan ini memiliki tujuan yang baik untuk membawa perubahan sosial dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat, terutama yang berada di daerah pedalaman.

Tidak hanya itu, seorang community development worker juga bertugas sebagai penghubung antara masyarakat setempat dengan berbagai otoritas serta sektor sukarela lokal lain yang berwenang.

Pengembang Media dan Teknologi Pembelajaran

Prospek karir selanjutnya yaitu bekerja sebagai pengembang media dan teknologi pembelajaran untuk mata pelajaran PKN. Sebagai lulusan jurusan Pendidikan PKN, pekerjaan yang satu ini sangat cocok karena kamu sudah di bekali ilmu mengenai pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang telah kamu pelajari sebelumnya dibangku kuliah. Simak juga Asrama PKN Stan yang sudah disediakan.

Tugas utamanya yaitu menganalisis, mengkaji, merancang, memproduksi, mengimplementasi  mengendalikan. Serta juga mengevaluasi pembelajaran saat ini untuk pengembangan teknologi pembelajaran yang lebih baik.

Jadi itu dia penjelasan mengenai PKN stan kerja apa saja dan siapkan diri Anda sekarang juga. Semoga sukses selalu!;;

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tentang Kami
Kebijakan Privasi